PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN ORGAN REPRODUKSI TERUTAMA BAGI KALANGAN REMAJA

Tanggal 12 Januari hingga 12 Februari diperingati sebagai Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional. Paradigma keperawatan membentuk suatu susunan yang mengatur hubungan di antara teori tersebut guna mengembangkan model konseptual dan teori-teori keperawatan sebagai kerangka kerja keperawatan. Dengan memiliki hubungan pertemanan atau hubungan keluarga yang sehat dan menyenangkan otomatis akan membuat kita lupa dengan masalah yang sedang dihadapi saat tersebut walaupun hanya sesaat. Sebagai suatu profesi, keperawatan memiliki falsafah yang bertujuan mengarahkan kegiatan keperawatan yang dilakukan. Kedua, kegiatan keperawatan dilakukan dengan pendekatan humanistik dalam arti menghargai dan menghormati martabat manusia memberi perhatian kepada klien serta menjunjung tinggi keadilan bagi semua manusia. Paradigma keperawatan menurut Gaffar, 1997, adalah cara pandang yang mendasar atau cara kita melihat, memikirkan, memberi makna, mmenyikapi dan memilih tindakan terhadap berbagai fenomena yang ada dalam keperawatan. Berdasar pada paradigma secara umum, maka paradigma keperawatan adalah suatu cara pandang yang mendasar atau bagaimana cara melihat, memikirkan, memberi makna, menyikapi dan memilih tindakan terhadap berbagai fenomena yang ada dalam keperawatan, dapat berbentuk ilmu, teori, dan filosofi yang dapat diterima dan diterapkan dalam keperawatan. This content has been cre ated  with the  he lp of GSA C ontent Gener ator DEMO .


Person In Red Dress Walks Bicycle Down The Road Peran perawat dalam membantu keluarga meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah kesehatan adalah perawat sebagai pendeteksi adanya masalah kesehatan, memberi asuhan kepada anggota keluarga yang sakit, koordinator pelayanan kesehatan keluarga, fasilitator, pendidik dan penasehat keluarga dalam masalah-masalah kesehatan. Dengan demikian paradigma keperawatan memberi arah kepada perawat untuk menyelesaikan dan mencari jalan keluar pada suatu masalah yang dihadapinya. Apabila status kesehatan kita bergerak kearah kematian kita berada dalam area sakit (illness area), tetapi apabila status kesehatan kita bergerak ke arah sehat maka kita berada dalam area sehat (wellness area). Cara membersihkan vagina yang benar adalah dengan membasuhnya dari depan ke belakang (dari arah vagina menuju anus), terutama setelah buang air kecil dan besar. Misalnya, berapa besar tenaga kerja yang ada dan berapa banyak mesin cuci maupun alat setrika yang Anda miliki. Ada banyak cara sederhana untuk menjaga alat reproduksi pria dan wanita apabila organ intim mengeluarkan cairan cairan tertentu harus sering dibersihkan. Sebagai kesimpulan, para generasi muda harus mengetahui pentingnya menjaga kebersihan organ reproduksi. Dia harus melakukan hubungan seksual secara rutin dalam masa suburnya, mulai dari masa awal tetapi tidak terlalu awal sehingga membahayakan kesehatan dengan kehamilan yang tidak tepat waktunya. Perawat harus selalu memperhatikan keadaan secara individual dari segi bio, psiko, sosial, spiritual dan cultural.


Fokus Lingkungan yaitu lingkungan fisik, psikologi, sosial, budaya dan spiritual. Faktor-faktor lingkungan eksternal adalah faktor-faktor yang berada di luar individu yang mungkin mempengaruhi kesehatan antara lain variabel lingkungan fisik, hubungan sosial dan ekonomi. Sebagai sistem terbuka , manusia dapat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungannya, baik lingkungan fisik, biologis, psikologis maupun sosial dan spiritual sehingga perubahan pada manusia akan selalu terjadi khususnya dalam pemenuhan kebutuhan dasarnya. Permukaan ektoderm melekuk ke dalam sehingga membentuk lapisan tengah (mesoderm). Apa lagi di masa pandemi seperti saat ini, membuat Anda semakin khawatir dan kesulitan dalam menebus resep obat. Terlebih saat pandami COVID-19 seperti sekarang ini, banyak millenial yang kesulitan keuangan dibanding generasi sebelumnya. Menurut model ini, keadaaan sehat selalu berubah secara konstan, di mana rentang sehat sakit berada di antara dua kutub yaitu sehat optimal dan kematian. Perawatan merupakan bagian dari sistem pelayanan kesehatan dan salah satu faktor yang memenuhi tercapainya pembangunan nasional, oleh karena itu tenaga keperawatan berada ditatanan pelayanan kesehatan terdepan dengan kontak pertama dan terlama dengan klien, yaitu selama 24 jam perhari dan 7 hari perminggu, maka perawat perlu mengetahui dan memahami tentang paradigma keperawatan, peran, fungsi dan tanggung jawab sebagai perawat profesional agar dapat memberikan pelayanan keperawatan yang optimal dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien.


Tingkat sehat seseorang berada pada skala yang bersifat dinamis, individualis, dan tergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan. Manusia memiliki akal fikiran, perasaan, kesatuan jiwa dan raga, mampu beradaptasi dan merupakan kesatuan sistem yang saling berinteraksi, interelasi dan interdependensi (La Ode Jumadi, 1999 :40). Berdasarkan pendapat para ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kesehatan mental adalah kemampuan seseorang untuk mengembangkan potensi diri dan memiliki kepuasan dalam hidupnya. Segera periksakan diri dan pasangan secara rutin ke dokter ahli. Dengan teknologi, kini Anda juga dapat melakukan pemesanan untuk tes antigen maupun rapid secara private. Dengan adanya teknologi, pasien dari berbagai daerah dapat mengetahui mengenai keberadaan dan informasi pelayanan kesehatan secara mudah. Dengan adanya perkembangan teknologi, hal ini memungkinkan dokter untuk melakukan monitoring kondisi pasien secara online. Lingkungan adalah faktor eksternal yang berpengaruh terhadap perkembangan menusia dan mencakup antara lain lingkungan sosial, status ekonomi dan kesehatan. Peran perawat pada individu sebagai klien adalah memenuhi kebutuhan dasarnya mencakup kebutuhan biologi, sosial, psikologi dan spiritual karena adanya kelemahan fisik dan mental, keterbatasan pengetahuan, kurang kemauan menuju kemandirian pasien.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama