Pengalaman Kuliah Di Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (Putu)

Gambar : dewasa, Amerika Afrika, keturunan afrika, afro, Asia, hitam, biru, Kaukasia, amal, riang, Cina, layanan masyarakat, berbeda, sumbangan, Eropa, teman, persahabatan, penggalangan dana, kelompok, kebahagiaan, Jepang, kebaikan, manusia, moral, ngo ... Visi PKBI yaitu menjadikan pusat unggulan Seksual and Reproductive Healt Right (SRHR) yang mandiri tahun 2020. Dengan Misi, mengembangkan pusat informasi, edukasi, dan pelayanan kesehatan reproduksi. Legislatif yang menempatkan aturan hukum yang memberikan ruang, kesempatan, serta kemungkinan remaja dalam mendapatkan informasi, pendidikan dan pelayanan di bidang kesehatan reproduksi. Dilakukan penyuluhan mengenai pendidikan kesehatan tentang kesehatan reproduksi pada remaja. Setelah dilakukan kegiatan, evaluasi dilakukan guna mengetahui sejauh mana pengetahuan tentang materi penyuluhan yang dilakukan ditangkap oleh peserta.Khalayak sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswi SMPN 25 Pesawaran. Karimun (Inmas) - Setiap calon pengantin sebelum mengarungi biduk rumah tangga perlu mengetahui dan menjaga Kesehatan Reproduksi, hal ini sangat penting diketahui sebagaimana disampaikan oleh Siti Sudarmi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun kepada 60 peserta Calon Pengantin kegiatan Bimbingan Perkawinan yang diselenggarakan oleh Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Karimun, Selasa (01/9/2020) di Aula Kemenag Kabupaten Karimun. Dilaksanakan pada hari Jum’at, 14 September 2018 pada pukul 09.00 WIB sampai selesai di Aula Laboratorium SMPN 25 Pesawaran dan dihadiri oleh 71 siswi.  A᠎rticle was c re᠎ated with G᠎SA Conte nt Gen er᠎ator Demover᠎sion!


Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Perkantoran Es batu selama ini digunakan untuk mendinginkan minuman, makanan sampai membuat bahan-bahan makanan seperti daging dan seafood tampak lebih segar dan tahan lama. Kondisi sehat merupakan dasar dan sekaligusmenjadi tujuan dalam pembinaan kebugaran jasmaniPelatihan olahraga dapat meningkatkan ketahanan tubuhdan dapat digunakan untuk mengatasi kecepatan kemunduranorgan dan pengembangan terapi biologik pada beberapa macampenyakit. Selan itu, menurut Fazidah, remaja masa kini sering diliputi ketidaktahuan tentang perkembangan dirinya yang dapat menimbulkan problematika tersendiri. Masa remaja, menurut dia, adalah masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa dalam segala aspek biologis, psikologis maupun sosial. Resiko lain adalah begitu banyaknya mitos berkembang di kalangan remaja, karena mereka justru tidak memperoleh informasi yang benar. Fazidah mengingatkan bahwa menjalani kebiasaan negatif itu seiring dengan mulai berfungsinya alat-alat reproduksi remaja, pada akhirnya akan mempercepat usia awal seksual aktif. Perkembangan remaja menuju remaja akhir ditandai dengan mulai meningkatnya stabilitas dan berfikir lebih realistis. “Fasilitas pemerintah, seperti sekolah di sektor pendidikan dan Puskesmas di sektor kesehatan harus bisa menjadi sumber informasi bagi remaja untuk melawan mitos-mitos seputar kesehatan reproduksi semacam itu,” lanjut Mashoeroel. Karena itu, hal ini perlu dilakukan oleh pihak sekolah yang bekerja sama dengan orang tua secara terus menerus.


Dulu sekolah-sekolah punya Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) agar anak-anak jajan yang benar dan juga dibentuk kantin sekolah; ini harus di-revitalisasi. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Saat ini banyak stakeholder yang menempatkan tanggung jawab kesehatan reproduksi remaja hanya pada sektor kesehatan saja. Dalam menyikapinya, orang tua harus selalu berusaha ada untuknya dan bersikap terbuka kapan saja. Misalnya saja tentang perubahan ukuran penis dan payudara, tumbuhnya rambut kemaluan, dan lain-lain. Dengan di Undangkannya Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional merupakan perubahan yang mendasar bagi perasuransian di Indonesia khusunya Asuransi Sosial dimana salah satu program jaminan sosial adalah jaminan kesehatan. Untuk itu Puskesmas Kebondalem Lor merintis inovasi program KRR(Kesehatan Reproduksi Remaja) dengan cara membuat posyandu remaja didesa-desa diwilayah kerja Puskesmas Kebondalem Lor sebagai upaya pencegahan terjadinya pernikahan dini. International Conference on Population and Development di Kairo pada 1994 telah merumuskan hak-hak reproduksi bagi setiap manusia, termasuk remaja. Sedangkan beberapa parameter lingkungan kerja yang belum ada standar nasional masih mengacu standar yang dikeluarkan oleh NIOSH (National Institute of Occupational Safety and Health) dan ACGIH (American Conference of Govermental and Industrial Hygienist (sumber).


Menurut Fazidah, kondisi minim informasi akan kesehatan reproduksi dan perkembangan emosi yang masih labil membuat remaja rentan dihadapkan pada kebiasaan yang tidak sehat. Menurut Fazidah, pengetahuan tentang kesehatan reproduksi pada remaja dapat ditingkatkan melalui pendidikan formal dan nonformal. Usahakan agar yang menjelaskan tentang pubertas pada anak perempuan adalah ibu, sementara untuk anak laki-laki oleh ayah. Hal ini bertujuan agar individu bisa terbebas dari penyakit atau kecacatan yang berhubungan dengan sistem reproduksi, juga untuk menghindari perilaku seksual yang tidak seharusnya. 1) Upaya pemeliharaan kesehatan bagi lanjut usia harus ditujukan untuk menjaga agar tetap hidup sehat dan produktif secara sosial maupun ekonomis sesuai dengan martabat kemanusiaan. Fazidah menyatakan, masa transisi ini sulit bagi remaja karena berlangsung proses perubahan dalam tubuh, meliputi perubahan biologis terkait perubahan hormon dan hormon reproduksi. Ini karena kita kehilangan air setiap hari melalui urine, buang air besar, keringat dan pernapasan, sehingga kita perlu mengisi asupan air kita. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah dalam memenuhi hak setiap warga negara untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak, krisis moneter yang terjadi sekitar tahun 1997 telah memberikan andil meningkatkan biaya kesehatan berlipat ganda, sehingga menekan akses penduduk, terutama penduduk miskin terhadap pelayanan kesehatan.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama