Jerman & Prancis Lockdown (Lagi), Perlukah RI Mengikuti?

Rumah Sakit Eropa Barat Berupaya Memadamkan Epidemi Kesehatan Mental di Antara Staf - Berita ... Tak jarang pula masyarakat menjauhi pengidap gangguan kesehatan mental serta keluarganya. Sebagian masyarakat masih mempercayai penyebab kesehatan mental berasal dari hal-hal supernatural atau takhayul sehingga pengidap gangguan kesehatan mental menganggap gangguan yang terjadi dalam dirinya adalah aib. Temuan penuh dari proyek ini akan dipublikasikan oleh UNICEF pada bulan November. Dalam konsep person in environment yang menjadi salah satu ciri khas dari pekerjaan sosial menjelaskan bahwa keberadaan seseorang individu akan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan di sekitarnya. Kebersihan mental dan fisik dari warga negara dimasukkan sebagai tujuan pertama kesehatan masyarakat dalam rancangan undang-undang yang diajukan Berlin Society of Physicians and Surgeons. Di Indonesia, informasi mengenai kesehatan mental masih belum banyak dipahami oleh masyarakat. Kurang adanya keterbukaan juga menutup kemungkinan buat adanya penanganan yang dilakukan oleh tenaga ahli atau institusi lembaga kesehatan. Coba bayangkan keadaan kita sekarang ini yang masih bisa menikmati hidup dan bercengkrama dengan teman-teman. Yang kedua adalah Minimya edukasi dan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan dan kelainan mental beserta penangananya menjadi salah satu faktor masih tingginya angka kelainan mental di Negara kita. Pada harapanya adalah terwujudnya sedikit demi sedikit pemahaman masyarakat yang dapat menghapus paradigma buruk dan tebal mengenai perlakuan terhadap penderita gangguan jiwa atau kesehatan mental beserta penangananya. Yang pertama adalah masih kuatnya stigma masyarakat terhadap penderita kelainan mental.  This con tent h᠎as be en g᠎enerat ed by GSA C᠎on te​nt G᠎en er᠎at᠎or ​DEMO᠎.


Yunani juga menjadi negara Eropa pertama yang menunjukkan naiknya kembali kasus penularan penyakit malaria sejak tahun 1950. Penyebabnya, pemerintah menghentikan seluruh tindakan preventif sejak 2011. Akibatnya, populasi nyamuk naik drastis. Seperti diketahui, vaksin Pfizer dapat diberikan pada kelompok anak usia di atas 12 tahun hingga lansia. Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, keduanya memiliki keterlibatan satu sama lain, bilamana seseorang terganggu fisiknya maka ia dapat dimungkinkan terganngu mental atau psikisnya, begitupun hal sebaliknya. Sama seperti kebugaran fisik membantu tubuh untuk tetap kuat, kebugaran mental juga membantu untuk mencapai dan mempertahankan keadaan kesehatan mental yang baik. Akan selalu ada lembaga atau instansi kesehatan yang dapat memberikan penangan yang lebih baik. Padahal, berdasarkan data dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Indonesia, setidaknya ada 450.000 keluarga di Indonesia yang menderita skizofrenia (gangguan mental jangka panjang). Masyarakat masih beranggapan bahwa kelainan mental bukan merupakan penyakit yang butuh penanganan secara serius, sama sekali tidak lebih berbahaya dari pada penyakit fisik ( yang terlihat). Diketahui dari Guru Besar ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Ascobat Gani kerugian ekonomi minimal akibat masalah kesehatan mental berdasarkan Riskesdas 2007 adalah sebesar Rp 20 triliun. Willem de Jonge yang bekerja untuk oganisasi Dokter Tanpa Batas Negara di Yunani, menyampaikan kepada DW, ia tidak terkejut dengan hasil penelitian dari Inggris itu.


Proyek itu menjadi sebagian proyek percontohan atau model pelayanan bagi pengembangan kesehatan masyarakat pedesaan di Indonesia juga sebagai pusat pelatihan tenaga kesehatan. 1) Setiap orang berhak menuntut ganti rugi terhadap seseorang, tenaga kesehatan, dan/ atau penyelenggara kesehatan yang menimbulkan kerugian akibat kesalahan atau kelalaian dalam pelayanan kesehatan yang diterimanya. 1) Menteri dapat mengambil tindakan administratif terhadap tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan yang melanggar ketentuan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini. Di era industri saat ini tentu perusahaan bisa lebih mudah dalam melindungi para karyawan, tentu hal tersebut juga didukung dengan sikap karyawan yang selalu menjaga diri. Hal ini masih bisa dengan mudah kita jumpai terutama didaerah pedalaman atau pelosok pelosok daerah. Di berbagai pelosok Negeri masih kita temui cara penanganan yang kurang tepat bagi para penderita gangguan kesehatan mental. Selama pandemi berlangsung, intensitas berbagai gangguan psikologis cenderung meningkat. Norma sosial mengenai kekerasan dalam rumah tangga, serta mengenai berbagai tindak kekerasan terhadap perempuan. Pemberian informasi mengenai kesehatan dan keselamatan kerja adalah poin pedoman yang kelima.

Article has  been creat ed ​with GSA Content Gen᠎er᠎ator ​DEMO.


Socconians, sadar nggak, sih, kalau isu kesehatan mental masih menjadi hal yang tabu untuk masyarakat Indonesia? Peranan dalam Memberikan edukasi dan pemahahan mengenai kesehatan mental, gangguan kesehatan mental, berikut dengan penanganannya bukan hanya dibutuhkan oleh keluarga yang memiliki anggota keluarga yang menderita gangguan kesehatan mental, melainkan kepada seluruh masyarakat pada umumnya. Ditulis oleh Dina Fadillah Salma sebagai Media Relations Analyst di Social Connect. Social Connect adalah salah satu komunitas kesehatan mental terbesar di Indonesia yang hadir untuk membangun akses terhadap informasi dan pengetahuan kesehatan mental kepada siapa pun! Keterbatasan pemahaman dan pengetahuan mengenai kesehatan mental di Indonesia tidak dapat lepas dari nilai-nilai tradisi budaya atau kepercayaan masyarakat. Ada beberapa hal lain yang menjadi pemicu tingginya masalah kesehatan mental yaitu yang pertama minimnya edukasi dan pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat akan hal tersebut dan kedua masih tebalnya stigma buruk masyarakat terhadap penderita masalah kelainan mental. Aksi GERMAS harus diikuti oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Demikian pula dengan PHBS di tempat kerja dimana keamanan dan kesehatan menjadi sesuatu yang tidak kalah penting. Kami juga melihat hambatan dan pendorong penerapan pedoman, peraturan lain apa yang memandu praktik di tempat kerja, dan dampak pedoman tersebut terhadap produktivitas”, sebut salah satu ketua penelitian ini, Associate Professor Margaret Cook.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama