Edukasi Kesehatan Reproduksi

Langkah ketiga ini perlu dilakukan untuk mendorong kepatuhan masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Menerapkan K3 dalam dunia kerja juga mempengaruhi finansial perusahaan, jika pekerja perusahaan mengalami kecelakaan kerja dari luka sampai meninggal, perusahaan pastinya harus memberikan kompensasi untuk biaya penyembuhan korban. BCM mengatur Rencana Penanggulangan Bencana,dan juga menjamin K3 demi mempertahankankelangsungan seluruh aktivitas bisnis danoperasional, menjamin kesehatan dan keselamatankaryawan, nasabah dan aset Maybank Indonesia, termasuk pemangku kepentingan lain yang berada di area operasional Bank.Saat ini seluruh kantor Maybank Indonesia sudahdilengkapi dengan berbagai perangkat keselamatankerja seperti Apar, Smoke Detector, Diesel Pump, danTangga Darurat. Lalu pada kasus meninggal, Indonesia masih dapat terkendali laju penambahan kasusnya. Mereka juga memiliki kesempatan yang lebih kecil untuk mendapatkan pendidikan formal dan pekerjaan yang pada akhirnya akan mempengaruhi kemampuan pengambilan keputusan dan pemberdayaan mereka untuk menunda perkawinan dan kehamilan serta mencegah kehamilan yang tidak dikehendaki (FCI, 2000). Bahkan pada remaja putri di pedesaan, haid pertama biasanya akan segera diikuti dengan perkawinan yang menempatkan mereka padarisiko kehamilan dan persalinan dini (Hanum, 1997:2-3). Kadangkala pencetus perilaku atau kebiasaan tidak sehat pada remaja justru adalah akibat ketidak-harmonisan hubungan ayah-ibu, sikap orangtua yang menabukan pertanyaan anak/remaja tentang fungsi/proses reproduksi dan penyebab rangsangan seksualitas (libido), serta frekuensi tindak kekerasan anak (child physical abuse). Th​is  po st has ᠎been c᠎reat ed by GSA Content ᠎Genera​tor DE​MO.


Jangan Diabaikan! Ini 10 Tips Menjaga Kesehatan Mental di ... “K3 ini sangat menunjang sekali untuk kualitas hidup seseorang dan ini tidak hanya untuk dirinya pribadi tetapi ketika dia sebagai kepala rumah tangga sekaligus juga seorang pekerja, dengan kualitas hidup yang baik saat dia bekerja maka otomatis kesejahteraan keluarganya juga akan meningkat,”tukasnya. Tujuan dan manfaat Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di perusahaan tidak hanya menguntungkan karyawan, tapi juga perusahaan. Disamping itu, tujuan K3 tidak hanya untuk memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya, tetapi juga untuk mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset, dan sumber produksi sehingga dapat digunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Kebisingan juga memberikan bahaya tersendiri yang mampu mengakibatkan lenyapnya pendengaran. Kesehatan keselamatan kerja merupakan multidispilin ilmu yang terdiri atas fisika, kimia, biologi dan ilmu perilaku dengan aplikasi pada manufaktur, transportasi, penanganan material bahaya. Jakarta - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin kembali memberikan kabar baik terkait syarat vaksinasi COVID-19 untuk pada calon jemaah Umrah dari Indonesia yang akan beribadah ke Arab Saudi. Maybank Indonesia senantiasa mendukung para karyawan untuk melaksanakan pola hidup sehat dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan baik di kantor pusat maupun kantor cabang, seperti olahraga rutin yang dilaksanakan setiap minggu dan health talk, yang merupakan program edukasi kesehatan bagi karyawan yang diadakan dua kali setiap bulan dengan topik yang berbeda-beda.


Penerapan K3 dalam berbagai program kerja terus diupayakan untuk mencapai Safety, Health, Environmental (SHE) Excellence” sebagai faktor pendukung penerapan “Operation Excellence” di PT Petrokimia Gresik. Komitmen Manajemen Puncak dalam hal penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja tertuang dalam sistem manajemen dalam bentuk “Kebijakan Sistem Manajemen PT Petrokimia Gresik”, sebagaimana tercantum di bawah ini. Adapun kunjungan ini sebagai bentuk memperkuat kerjasama yang selama ini telah dijalin oleh kedua pihak, yakni pengiriman mahasiswa IIK BW untuk kuliah ke YUTCM. Menerapkan K3 adalah bentuk memberikan bekal perlindungan dunia kerja, sehingga bisa meminimalkan kecelakaan di tempat kerja. Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan. Ternyata ada beberapa makanan yang disarankan oleh ahli gizi untuk dikonsumsi para wanita agar memenuhi kebutuhan nutrisinya dan terhindari dari keluhan kesehatan ringan hingga berat. 3. Memenuhi dan menaati semua syarat-syarat K3 yang diwajibkan. Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) merupakan anggota yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang melakukan pekerjaan di suatu institusi maupun tempat proyek. Pelatihan yang diberikan mencakup pengenalan dan pemahaman masa persiapan purna bhakti, pembekalan kesehatan, pengelolaan keuangan, serta langkah-langkah memulai usaha, workshop atau kunjungan ke tempat usaha.


Agar penerapan Sistem Manajemen K3 berjalan maksimal, diperlukan pemahaman tentang keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja. Kesehatan dan keselamatan kerja merupakan segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (PP 50 Tahun 2012). Inti dari Ilmu K3 ini adalah kegiatan identifikasi bahaya dan risiko sehingga bisa dilakukan pengendalian untuk mencegah kecelakaan kerja. Semakin perusahaan melindungi pekerjanya maka kecelakaan kerja dapat di tekan, sehingga uang kompensasi pekerja pun bisa berkurang. Adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja membuat karyawan bisa merasa lebih aman dan nyaman sehingga bisa membuat karyawan bekerja lebih produktif. Jadi penerapan K3 dalam dunia kerja sangat dibutuhkan untuk melindungi dan menekan angka kecelakaan bekerja sehingga lingkungan kerja lebih aman dan mendukung produktifitas pekerja. Jika mereka sudah di bekali ilmu dengan baik maka mereka bisa mengetahui bagaimana caranya bersikap dan apa yang harus dilakukan atau dihindari saat bekerja untuk melindungi diri misalnya seperti penggunaan APD di tempat kerja seperti masker, jas, kacamata lab dan sarung tangan untuk yang bekerja dengan bahan kimia maupun helm proyek dan sepatu boot untuk pejerja lapangan. Terdapat banya pekerjaan di tempat kerja, di mana setiap pekerjaan pasti memiliki risiko dan bahaya, yang semuanya itu dapat menimbulkan Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan Kecelakaan Akibat Kerja (KAK).


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama