Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Masa Pubertas?

Pemerintah bertanggung jawab atas ketersediaan akses terhadap informasi, edukasi, dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk meningkatkan dan memelihara derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Menyapa banyak orang dengan sapaan standar seperti ‘Selamat Pagi’ akan meningkatkan kepercayaan diri sekaligus meningkatkan aspek sosial. Pemerintah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh akses terhadap informasi kesehatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Latipun (2002) juga mengungkapkan bahwa pemahaman masyarakat terhadap gejala-gejala psikis yang dialami oleh seseorang menjadikan mereka paham bahwa tidak hanya ada sakit/sehat secara fisik namun ada pula sakit/sehat secara mental. Pada dasarnya manusia terdiri dari dua subsistem, yaitu psikis (jiwa atau mental) dan fisik (soma atau badan). Manusia tidak selamanya ada dalam kondisi sehat, pada saat tertentu manusia mengalami gangguan, baik gangguan fisik maupun gangguan mental (Latipun, 2002). Gangguan fisik yang dialami oleh manusia dapat dengan mudah diketahui seperti panas, sakit gigi dan sakit fisik lainnya, sedangkan gangguan psikis pada prinsipnya dapat diketahui jika kita memahami gejala-gejalanya, misalnya gejala apa yang bisa dilihat dari orang yang stres, depresi atau cemas. Menurut Hadiningrum, definisi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah pengawasan terhadap sumber daya manusia (SDM), permesinan, material, dan metode yang mencakup lingkungan kerja sehingga pekerja tidak mengalami kecelakaan. Secara umum, tujuan diberlakukan aturan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah untuk melindungi tenaga kerja dari resiko kecelakaan dalam bekerja.


File:NIH-NIMH-logo-new.png - Wikipedia Dalam akhir kongres, Komite Internasional memutuskan untuk Kebersihan Mental digantikan oleh Kesehatan Mental. Konferensi Kebersihan Internasional, diadakan di New York, memutuskan untuk mendirikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Asosiasi Kesehatan Mental didirikan di London. Diadakan kegiatan tahunan Federasi Kesehatan Mental Dunia oleh Wakil Sekretaris Jenderal Richard Hunter. Federasi Kesehatan Mental Dunia mengadakan kegiatan siaran televisi selama dua jam secara global melalui sistem satelit badan informasi AS dari studio di Talahassee, Florida. Kementerian Kesehatan mengadakan kegiatan mulai dari lomba poster dan video ARSAWAKOI, webinar, audiensi Kementerian Kesehatan dengan pejabat daerah, hingga melakukan talkshow di TV dan radio nasional. Kegiatan belajar di sekolah ini dijalankan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Bank juga mendukung pelaksanaan kelas aikido sebagai salah satu kegiatan rutin karyawan yang bertujuan untuk melatih kepekaan beladiri praktis karyawan dalam mengantisipasi ataumelumpuhkan pelaku kejahatan, mengurangirisiko kejahatan serta menambah kepercayaan dirikaryawan. Namun, dalam 17 halaman rekomendasi konferensi, kata kebersihan sangat jarang digunakan. Sepanjang proses konferensi nama Asosiasi kebersihan dan kesehatan, kualifikasi mental, digunakan secara bergantian tanpa perbedaan konseptual. Th is artic᠎le h᠎as ᠎be᠎en generated by G​SA Con​te nt G enerator Demoversi on.


Sedangkan kesehatan Mental, menurut Pieper dan Uden (2006) seseorang dapat dikatakan memiliki kesehatan mental jika dia memiliki perasaan positif terhadap dirinya, memiliki estimasi yang realistis terhadap dirinya sendiri dan dapat menerima kekurangan atau kelemahannya, kemampuan menghadapi masalah-masalah dalam hidupnya, memiliki kepuasan dalam kehidupan sosialnya, serta memiliki kebahagiaan dalam hidupnya. Dalam penjelasannya lebih lanjut, WHO bilang kesehatan baru tercapai kalau keadaan fisik, mental, serta sosial seseorang dalam kondisi sejahtera. Sehat bukan merupakan suatu kondisi tetapi merupakan penyesuaian dan bukan merupakan suatu keadaan tetapi merupakan proses berupa adaptasi individu secara fisik dan lingkungan sosialnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kesehatan mental merupakan kondisi dimana seseorang berfungsi secara efektif di kehidupan sosial, bahagia dengan hidupnya dan mampu menyesuaikan diri dengan tantangan yang dihadapi. Oleh karena itu adanya data diatas menunjukkan bahwa kesehatan mental penting sekali untuk kita jaga, kita harus memahami diri kita, mencari dan melakukan hal-hal positif yang bisa menjaga kesehatan mental kita.


Biar sama-sama enak, mending kita samain dulu deh pemahaman kita tentang kesehatan mental. Akan ada informasi kesehatan mental setiap minggunya dan tanya jawab secara online tentang tema kesehatan mental yang diunggah. Mental seseorang yang terganggu akan mengubah karakternya secara perlahan menjadi negative. Meskipun terdengar sepele, tapi senyuman selalu dapat mengubah dunia menjadi lebih positif. Definisi ini menjadi penting, karena kesehatan itu bukan cuma soal punya atau tidak punya penyakit aja. Jika kamu merasa mengalami tanda gangguan mental atau memiliki keluarga maupun kerabat yang memiliki masalah ini, jangan malu untuk meminta bantuan psikolog dan psikiater. Sehat secara mental juga tidak hanya terbebas dari gangguan mental namun juga berkaitan dengan kesehatan fisik dan perilaku. Kesehatan mental ini nggak kalah penting dengan kesehatan fisik. Kesehatan mental dan kesehatan fisik adalah dua hal yang saling berkaitan. “COVID-19 telah mengganggu pelayanan kesehatan mental yang penting di seluruh dunia di saat mereka paling dibutuhkan. 3) Ketentuan mengenai pelayanan keluarga berencana dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama