Apa Sih Kesehatan Mental Itu?

Dokter spesialis ilmu kesehatan jiwa di Rumah Sakit Universitas Indonesia, dr Fransiska Kaligis, SpKJ (K), mengatakan bahwa penutupan sekolah dan karantina mandiri dapat meningkatkan risiko kecemasan dan kesepian. Dengan memberikan alat kerja berteknologi tinggi, karyawan akan lebih mampu menghindari risiko terjadinya kecelakaan kerja. Padahal, menjaga kesehatan mental agar tetap sehat sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Terlebih di tengah pandemi, kesehatan mental menjadi satu hal yang ikut terdampak di samping kesehatan fisik. Hal ini bertujuan untuk menjaga mental maupun fisik tetap sehat. Makna dari tema tersebut adalah mendorong semua negara dalam menyediakan lebih banyak akses untuk melayani masalah mental. Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan Indonesia, tema yang diangkat tahun 2021 adalah Mental Health in an Unequal World atau Kesetaraan dalam Kesehatan Jiwa untuk Semua. Baca juga: 10 Oktober Hari Kesehatan Mental Sedunia, Tema Tahun Ini Apa Sih? Jakarta - Sederet pesohor ramai-ramai posting foto mengangis, bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia per 10 Oktober 2021. Beberapa di antaranya memperlihatkan ekspresi sedang tidak baik-baik saja. Lebih dari 40 ribu netizen ikut memberikan tanggapan foto tersebut, termasuk memberi semangat dan ikut mengunggah foto dengan ekspresi serupa. Salah satu netizen menimpali unggahan Tiara tersebut, menilai tidak apa-apa jika sesuatu yang buruk terjadi dan hal wajar saat seseorang meluapkan emosi dengan menangis.


Basilica Di Santa Maria Del Fiore baroque capital tourist monument dome duomo religious famous building italy cityscape catholic cathedral church building basilica ancient design landmark illustration Dalam video tersebut, ia mencurahkan rasa rindunya kepada sang ayah dan merasa sedih. Komika Marshel Widianto juga memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia dengan mengunggah video tengah menangis. Ini naik dari 99 kasus yang dikonfirmasi yang mereka umumkan pada hari Minggu. Jakarta - Tanggal 10 Oktober menjadi hari kesehatan mental sedunia yang selalu diperingati setiap tahun. Di samping itu, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Buku Panduan tentang Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) 2021. Buku panduan tersebut menjelaskan tujuan memperingati HKJS, yakni demi meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan jiwa, terlebih pandemi memberikan dampak besar bagi kesehatan jiwa masyarakat Indonesia dan dunia. Jakarta - Sejumlah pakar menjelaskan dampak pandemi bagi masyarakat yang mengalami kecemasan hingga tekanan mental akibat terisolasi. Kementerian Kesehatan telah menjelaskan secara terperinci protokol kesehatan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Vaksinasi berfungsi menciptakan imunitas tubuh sehingga mampu melawan infeksi virus penyebab Covid-19. Meskipun belum sepenuhnya selesai, jumlah pasien yang terinfeksi virus corona di beberapa negara terus mengalami penurunan. Jumlah konsultasi psikologis meningkat sekitar tiga kali lipat dari sebelumnya pada masa pandemi.


Selama pandemi lebih dari 60% orang mengalami gejala ansietas dan lebih dari 70% orang mengalami gangguan stres pasca trauma. Sementara itu, bagi penyintas COVID-19 sekitar 12,3%-29,6% terkena gangguan ansietas, 25,1%-32,2% mengalami gangguan stres pasca trauma dan insomnia sebanyak 12,1%. Kemudian, seluruh penyintas COVID-19 diketahui mengalami gangguan tidur. Bahkan ketika berstatus positif COVID-19, sekitar 35,7%-47% orang mengalami gangguan ansietas, serta 12,2% mengalami gangguan stres pasca trauma. Penduduk perkotaan menunjukkan memiliki gangguan emosional lebih tinggi daripada di pedesaan. Adapun sekitar 32,6%-45% penduduk yang terkena COVID-19 diperkirakan mengalami gangguan depresi, sedangkan 10,5%-26,8% penyintas COVID-19 mengalami gangguan depresi. Apa saja dampak yang ditimbulkan jika mengabaikannya? Pendiri platform online kesehatan mental masyarakat KALBU Iman Hanggautomo mengatakan terdapat beberapa kelompok yang rentan terhadap dampak pandemi dari sisi kesehatan mental. Sedangkan di Indonesia dalam survei melalui website resmi Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), sebanyak 64,3 persen dari 1.522 responden dinyatakan mengidap masalah mental akibat pandemi COVID-19. Pada 2018, Kementerian Kesehatan melakukan survei dan hasilnya adalah meningkatnya proporsi gangguan mental dengan kenaikan persentase sebesar 7 persen dari tahun 2013 yang hanya 1,7 persen. Langkah akhir, hanya perlu mengunduh desain tersebut ke laptop atau handphone. Tak hanya itu, bagi peserta vaksinasi yang beruntung bisa mendapatkan hadiah laptop MacBook lho!


Bagi musisi, percakapan ini terjadi tidak hanya dalam wawancara, tetapi juga dalam karya mereka. Tak hanya Rich Brian, penyanyi jebolan ajang bakat Indonesian Idol seperti Tiara Andini juga ikut mengunggah foto tengah menangis. Selebgram Medina Zein, yang diketahui mengidap bipolar juga ikut mengunggah foto di hari peringatan kesehatan mental sedunia. Misalnya rapper Rich Brian dalam akun Twitter pribadinya mengunggah foto sedang menangis sambil menuliskan caption 'Happy Mental Health Day'. Ia menuliskan pesan di balik makna peringatan momen tersebut. Sama dengan Rich Brian, tak ada pesan lain selain tulisan caption singkat. Kadang kalau kalian lagi ada masalah, cerita ke orang lain itu bisa banget membantu meringankan beban kalian. Jangan malu buat nanya ke dosen atau kating karena kamu bisa curi-curi ilmu dari penjelasan mereka. Terlebih lagi jika Anda merasakan adanya penurunan rentang gerak atau hilangnya fungsi pada bagian sendi dan otot.10. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengatakan, permasalahan kesehatan jiwa dan mental masyarakat membutuhkan kesadaran dan perhatian bersama. Mengapa hal tersebut menjadi perhatian? ​Conte nt was c᠎reated  by G​SA C on᠎te nt Gen​erator​ Demoversion .


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama